5 Cara Membersihkan Sepatu Bludru dengan Mudah


Konten [Tampil]

Beludru dengan teksturnya yang bludru dan berkilau membuat sepatu tampak elegan dan mewah. Sayangnya bahan ini mudah kusut, rentan kotor dan rontok. Jadi untuk pemakaian dan perawatannya diperlukan perlakuan khusus. Cara membersihkan sepatu beludru juga tidak sembarangan, salah-salah bisa membuatnya hancur. Agar tidak menyesal, sebaiknya ikuti 5 tips berikut.


5 Cara Membersihkan Sepatu Bludru dengan Mudah
5 Cara Membersihkan Sepatu Bludru dengan Mudah


Berikut ini 5 Cara Membersihkan Sepatu Bludru dengan Mudah

1. Bersihkan dalam Keadaan Kering

Cara membersihkan sepatu beludru yang paling penting untuk diperhatikan adalah bersihkan sepatu dalam keadaan kering. Misalkan sepatu beludru terkena lumpur. Usahakan tunggu hingga lumpur pada sepatu mengering terlebih dahulu sebelum mulai membersihkannya.


Jika sepatu terkena noda yang bersifat basah seperti air atau minyak, gunakan tisu untuk mengeringkannya. Taruh tisu pada bagian yang terciprat air kotor atau minyak, kemudian tekan agar tisu menyerap kotoran tersebut. Jangan menekan tisu terlalu keras apalagi menggosokkan tisu pada permukaan beludru. Hal ini bisa membuatnya rusak.


Ketika perlu mencuci sepatu beludru, jangan mencucinya dengan air dan sabun seperti ketika mencuci sepatu berbahan kanvas. Sebab akan membuat bulu beludru kusut dan memerlukan waktu yang lama untuk mengeringkannya. Selain itu, mencuci sepatu beludru dengan cara ini juga bisa membuat warna pada sepatu beludru terlihat belang.


2. Gunakan Sikat Khusus

Gunakan sikat khusus untuk menyingkirkan kotoran dari bulu beludru. Pilihan lain, gunakan sikat gigi yang lembut. Cara menggunakannya, sikat beludru dengan lembut dalam gerakan satu arah. Pastikan arahnya benar agar kilau beludru kembali. Jangan terlalu menekan sikat. Gerakkan seperti sedang menyisir bulu-bulu beludru.


Penggunaan sikat dilakukan untuk menyingkirkan debu-debu serta kotoran yang melekat pada sepatu. Ulangi terus gerakan menyisir bulu beludru sampai semua noda terangkat. Rajin-rajinlah menyikat sepatu setelah memakainya, agar kotoran pada bulu beludru tidak menumpuk.


3. Gunakan Sabun yang Lembut

Hindari memakai sabun cuci biasa untuk diaplikasikan pada sepatu beludru. Sebaiknya gunakan sabun yang lembut dan tidak banyak menghasilkan busa seperti sabun cuci piring atau sabun bayi. Busa yang terlalu banyak tidak baik untuk bulu beludru.


Cara membersihkan sepatu beludru memakai sabun bayi yaitu campurkan sabun dengan sedikit air. Kemudian celupkan sikat atau lap kedalam cairan sabun. Sikat jangan dicelupkan sepenuhnya, cukup sedikit di ujungnya saja. Jangan sampai sikat terlampau basah. Jika terlanjur, sebaiknya kibaskan sikat terlebih dahulu.


Penting diingat, jangan membasahi atau membilas sepatu dengan air. Cukup gunakan cairan sabun. Selain sabun yang bersifat lembut, campuran air lemon dan soda kue juga efektif digunakan untuk mencuci sepatu beludru.


4. Jangan Keringkan Dibawah Matahari Langsung

Untuk mengeringkan sepatu yang sudah selesai dibersihkan, angin-anginkan sepatu. Hindari menjemurnya dibawah matahari langsung, agar bulu beludru tidak cepat rontok dan pudar warnanya. Jika ingin cepat kering, bisa memanfaatkan kipas angin untuk mengeringkannya.


5. Semprotkan Protector Spray

Setelah sepatu beludru kering, penting untuk menyemprotkan protector spray pada sepatu. Penyemprotan spray ini mengakibatkan bulu beludru tahan air, selain itu debu serta kotoran lainnya juga sulit menempel. Semprotkan spray dari jarak 10-15 cm, yang diperlukan hanya embun dari spray. Jika terlalu dekat, sepatu bisa basah dan bulunya saling menempel.


Demikian kelima cara membersihkan sepatu beludru yang perlu diperhatikan. Selain sikat dan lap, bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyingkirkan kotoran dari sepatu. Bila tidak memiliki vacuum cleaner khusus sepatu, bisa menggunakan vacuum cleaner mini untuk mobil.

0/Leave a Reply