5 Tahapan Make Up Untuk Pemula Supaya Tampil Cantik

Daftar Isi [Tampil]

Rahasia untuk dapat tampil cantik sebenarnya terletak pada tahapan pemakaian berbagai rangkaian produk make up. Bagi wanita yang sedang belajar berhias wajah tidak perlu bermuluk-muluk membeli serangkaian produk make up. Cukup melakukan tahapan make up pemula di bawah ini, hasil riasan pun dijamin akan terlihat cantik.


Tahapan Make Up Untuk Pemula
5 Tahapan Make Up Untuk Pemula Supaya Tampil Cantik


Berikut Ini 5 Tahapan Make Up Untuk Pemula Supaya Tampil Cantik

1. Membersihkan Muka

Tahapan make up pemula yang wajib untuk dilakukan ialah membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini sangat penting dilakukan, karena dapat mempengaruhi hasil polesan akhir pada wajah. Apabila tahapan ini terlewatkan, maka tidak menampik kemungkinan akan muncul permasalahan pada kulit wajah.


Pembersihan muka dapat dilakukan dengan menggunakan facial foam, cleanser, facial scrub, facial wash, dan sejenisnya. Tentu saja pemilihan produk pembersih wajah ini disesuaikan dengan kondisi wajah. Ini juga perlu dilakukan, supaya kulit terawat sesuai dengan jenisnya.


2. Melembapkan Muka

Agar kulit wajah mudah diaplikasikan dengan make up, kuncinya ada pada kondisi muka yang lembab. Dengan demikian, usaha untuk melembabkan muka harus dilakukan setelah wajah selesai dibersihkan. Kelembaban wajah yang normal akan menjadikan kulit siap untuk menerima polesan make up.


Kulit yang lembap bisa didapatkan dengan memakai skincare yang mengandung moisturizer. Lebih baik lagi jika memilih produk pelembap yang dilengkapi dengan tabir surya atau SPF. Kandungan tersebut dapat berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


3. Mengaplikasikan Primer

Supaya make up bisa bertahan lama, tahapan make up pemula yang perlu dilakukan ialah mengaplikasikan primer. Pasalnya, primer ini berguna untuk membuat BB cream atau foundation teraplikasi lebih mudah pada wajah. Primer ini tidak diperlukan dalam jumlah yang banyak, melainkan cukup ambil seukuran ujung jari saja. Setelah itu, diratakan ke seluruh permukaan wajah sampai leher.


4. Memakai BB Cream atau Foundation

Jika primer sudah diaplikasikan dengan rata ke seluruh wajah, kini tahapan selanjutnya adalah memakai BB cream atau foundation. Bagi yang tidak ingin tampilan wajah setelah dirias terlalu berat, bisa memilih bb cream saja yang memiliki tekstur ringan. Namun, biasanya pemakaian foundation akan lebih tahan lama dibandingkan dengan BB cream.


Selain itu, foundation memiliki hasil coverage yang lebih baik, karena mampu menyamarkan kekurangan pada wajah. Akan tetapi, mau memilih BB cream maupun foundation harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Seperti misalnya, warna shade, kecocokan jenis kulit, kandungan produk, dan lain sebagainya. Sebabnya, beberapa karakteristik tersebut akan mempengaruhi hasil riasan.


5. Mengaplikasikan Bedak

Setelah alas bedak sudah diratakan pada wajah, selanjutnya dilakukan pengaplikasian bedak. Ada dua jenis bedak yang umumnya digunakan pada dunia make up, yaitu bedak tabur dan bedak padat. Pemilihan kedua bedak ini tentu saja disesuaikan dengan jenis kulit wajah.


Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan untuk memakai bedak tabur. Pasalnya, bedak tabur memiliki kemampuan yang baik dalam menahan minyak yang bisa membuat riasan cepat luntur. Sedangkan, pemilik kulit kering maupun normal bisa menggunakan bedak padat.


6. Menambahkan Riasan pada Wajah

Jika penampilan kulit sudah baik, kini bisa dilanjutkan dengan menambahkan riasan pada wajah. Urutan yang pertama kali dilakukan yaitu dengan menggambar alis mata. Dilanjutkan dengan menambahkan eyeshadow, merias mata dengan maskara, dan memoleskan blush on dengan brush. Sebagai polesan terakhir, pakailah lipstik sesuai dengan selera.


Demikianlah, tahapan make up pemula yang bisa diterapkan bagi yang sedang coba-coba belajar berdandan. Apabila melakukan tahapan-tahapan tersebut secara runtut, dijamin hasil riasan pasti akan membuat penampilan semakin cantik. Tidak hanya itu, kesehatan kulit pun akan selalu terjaga.

Lebih baru Lebih lama