5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat

Daftar Isi [Tampil]

Sunscreen menjadi barang wajib bagi kaum hawa untuk melindungi kesehatan kulit dari dampak sinar matahari. Namun sayangnya, tidak semua produk sunscreen cocok untuk kulit berjerawat. Lalu bagaimana cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat? Temukan jawabanya di bawah ini!


Bagi sobat beauty yang memiliki kulit berjerawat, tidak boleh memilih jenis sunscreen sembarangan. Alih-alih ingin menjaga kulit malah sebaliknya bisa merusak seperti memicu timbulnya jerawat baru. Berikut ini merupakan beberapa cara tepat memilih jenis lotion pelindung kulit wajah yang aman pada kulit berjerawat.


Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat
Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat


Berikut Ini 5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat

1. Memiliki Bahan Dasar Mineral

Pada dasarnya sunscreen terbagi atas dua jenis, yakni yang pertama sunscreen dengan bahan kimia. Dimana produk ini mengandung beberapa bahan kimia seperti halnya octinoxate, oxybenzone serta bahan kimia sejenisnya.


Sementara untuk jenis kedua yakni sunscreen mineral. Produk dengan sunscreen mineral ini dihasilkan dari titanium dioksida serta zink dioksida. Kedua bahan umumnya aman bagi kulit. Namun, perlu digaris bawahi, jika sunscreen dengan bahan mineral dianggap lebih aman bagi kulit sensitive maupun kulit berjerawat.


2. Pilihlah Produk Yang Ringan Serta Encer Digunakan

Cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat lebih disarankan agar menggunakan produk sunscreen bertekstur cair serta tidak lengket. Mengapa? Sebab sunscreen yang bertekstur ringan akan mudah diserap kulit, sehingga tidak akan menutupi pori-pori.


Selain itu, sobat beauty di rumah juga bisa mengaplikasikan produk ini pada bagian tubuh lain yang tumbuh rambut. Sebaliknya bagi yang memiliki kulit normal atau kering bisa mencoba sunscreen bertekstur lebih kental seperti lotion.


3. Gunakan Sunscreen Dengan Kandungan SPF 30

Bukan istilah asing jika SPF atau Sun Potector Factor dapat melingkupi kulit dari bahaya sinar UVB. Semakin besar kandungan SPF sebuah produk akan semakin tinggi perlindungan yang dihasilkan pada kulit. Sebenarnya produk kecantikan dengan kandungan SPF 15 bisa jadi pilihan lain untuk kulit normal, namun kandungan SPF yang semakin besar akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal.


4. Pastikan Terdapat Label Yang Menunjukkan Non-Comedoganik

Produk yang menyertakan label non-comedogenic ataupun Non-acnegenic dapat diartikan jika produk tersebut tidak akan dapat menyumbat pori-pori. Suatu produk mungkin saja mengandung bahan penyebab komedo, akan tetapi jika produk yang bersangkutan lolos tes maka akan mencantumkan label non-comedogenic. Disarankan juga untuk menghindari produk sunscreen yang mengandung parfum maupun memiliki kandungan minyak tinggi.


5. Pilihlah Produk Yang Menjangkau Perlindungan Luas Untuk Kulit

Selain beberapa cara yang telah disinggug di atas. Satu hal lagi yang juga mesti diperhatikan dalam memilih sunscreen yakni memilih produk dengan kandungan pelindungan luas terhadap kulit. Pada dasarnya sinar matahari memantulkan dua jenis radiasi berbeda. Pertama yakni sinar UVA serta sinar UVB. Sinar UVA memiliki dampak negative seperti dapat merusak kulit, memicu adanya kanker serta mengakibatkan penuaan dini.


Sedangkan untuk sinar UVB, dapat menyebabkan kulit terlihat lebih gelap seperti terbakar. Beberapa jenis produk sunscreen mungkin hanya berfokus pada satu jenis radiasi saja. Maka dari itu lihat kandungan dari produk lotion pelindung wajah sebelum membeli untuk memastikan bahwa produk tersebut melindungi kulit dari kedua radiasi sinar UVB dan UVA.


Sejatinya menentukan dan mengetahui cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat bukan hal sulit. Namun alangkah lebih baik jika memperhatikan hal-hal di atas agar tidak berdampak buruk pada kulit. Suatu produk yang tidak tepat namun dipaksa diaplikasikan pada kulit, akan menimbulkan efek samping tententu.

Lebih baru Lebih lama