Cara Mengatasi Kulit Yang Tidak Cocok Dengan Skincare

Daftar Isi [Tampil]

Setiap orang tentunya sangat berhati-hati memilih skincare serta sangat mengecek kandungan-kandungannya, hal tersebut cukup penting untuk dilakukan. Karena jika asal atau salah memilih skincare, bukannya perbaiki masalah kulit namun yang akan terjadi justru kulit akan mengalami peradangan.


Jika hal tersebut terjadi dan tidak diatasi secepatnya, maka kulit akan menjadi iritasi yang dapat menyebabkan masalah yang lebih parah terhadap kulit kalian. Bagi kalian yang sedang mencari cara untuk mengatasi peradangan kulit akibat salah menggunakan skincare, silahkan simak beberapa cara mengatasinya dibawah ini.


Cara Mengatasi Kulit Yang Tidak Cocok Dengan Skincare
Cara Mengatasi Kulit Yang Tidak Cocok Dengan Skincare


Berikut 7 Cara Mengatasi Kulit Yang Tidak Cocok Dengan Skincare

  • Coba Kompres Pakai Air Dingin 

Gejala yang umumnya terjadi ketika kulit mengalami peradangan yaitu timbulnya rasa gatal, ruam serta memerah pada kulit. Jika kalian mengalami hal tersebut sebaiknya segera lakukan kompres pada daerah kulit yang mengalami peradangan dengan menggunakan es batu atau air dingin.


Disamping dapat memberikan rasa dingin pada kulit, es batu atau air dingin juga disebut bisa membantu memperbaiki kulit yang meradang. Cara aplikasikannya juga sangat gampang. Kalian hanya memerlukan kain atau handuk bersih lalu membasahinya dengan air dingin atau es batu kemudian kompreskan ke area kulit yang mengalami peradangan selama kira-kira 5-10 menit.


  • Coba Oleskan Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya disebut mengandung vitamin yang berfungsi untuk mengatasi banyak jenis luka, tak terkecuali luka peradangan pada kulit. Lidah buaya mengandung vitamin A,C, dan vitamin E yang berkhasiat sebagai antioksidan yang bisa atasi radikal bebas dan mengatasi kulit iritasi akibat peradangan.


Cara menggunakannya cukup mudah, kalian ambil satu batang lidah buaya lalu potong dan ambil gel-gel didalamnya kemudian aplikasikan dengan cara tempelkan gel lidah buaya tersebut pada area kulit yang meradang. Jika mau lebih praktis, kalian bisa beli gel aloe vera yang dijual disupermarket atau dipasar.


  • Oleskan Salep Hidrokortison

Hidrokortison adalah suatu senyawa yang bersifat anti inflamasi serta anti alergi terhadap kulit. Maka dari itu salep atau krim yang memiliki kandungan hidrokortison cocok sekali untuk memperbaiki atau mengobati peradangan terhadap kulit. Inflamasi, kemerahan, eksim, gatal-gatal dapat diobati dengan krim atau salep yang mengandung senyawa hidrokortison.


Akan tetapi supaya bisa gunakan obat ini, kalian memerlukan arahan langsung dari dokter supaya bisa sesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan oleh kulit kalian.


  • Minum obat yang mengandung antihistamin

Obat yang memiliki kandungan antihistamin biasanya diresepkan oleh para dermatologist sebagai obat untuk mengatasi alergi misalnya seperti gatal-gatal, kulit merah, serta bengkak. Obat yang mengandung antihistamin juga biasanya digunakan untuk mengobati gejala peradangan kulit.


Namun untuk bisa menggunakan obat yang mengandung antihistamin ini memerlukan anjuran dari dokter supaya sesuai dengan dosis yang diperlukan serta untuk hindari efek samping berbahaya.


  • Segera Pakai  masker oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan yang mengandung antioksidan cukup tinggi dan zat anti radang sehingga bisa digunakan untuk mengobati iritasi atau gatal pada kulit. Oatmeal juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati cacar, gejala alergi, kulit terbakar, bahkan peradangan pada kulit.


Cara penggunaannya yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat lalu aduk sampai rata, kemudian aplikasikan ke area kulit yang mengalami peradangan. Tunggulah 5-10 menit lalu bilas dengan air dingin yang bersih.


  • Jangan Lupa Oleskan moisturizer

Moisturizer berguna untuk melembabkan kulit, namun selain sebagai pelembab moisturizer juga mampu mengobati kulit iritasi dan peradangan. Kulit kering dan bersisik juga dapat diatasi dengan moisturizer.


Gunakanlah moisturizer yang memiliki kandungan pemutih, parfum, serta zat iritan lainnya karena kandungan diatas dapat membuat kondisi peradangan semakin buruk.


  • Gunakan sunscreen

Sinar matahari langsung dapat membahayakan kulit, bukan hanya kulit normal dan sensitif saja yang berbahaya terkena sinar matahari namun juga kulit yang mengalami peradangan. Kulit yang meradang sangat besar resiko kerusakannya akibat paparan sinar matahari. Supayan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, sebaiknya gunakanlah sunscreen untuk perlindungan kulit dari sinar UV.


Demikian itulah beberapa cara atasi kulit akibat salah skincare yang bisa kami bagikan. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama