Cara Mengatasi Rambut Rontok di Usia Muda

Daftar Isi [Tampil]

Kebotakan yang disebabkan karena rambut rontok pada umumnya terjadi pada orang yang sudah dewasa. Akan tetapi remaja bahkan anak-anak juga dapat alami rambut rontok. Penyebab rambut rontok yang dialami oleh remaja bisa saja karena salah nutrisi atau bahkan karena adanya suatu penyakit.


Rambut rontok yang dialami oleh remaja biasanya disebabkan oleh stres dan emosional. Namun kerontokan rambut pada remaja biasanya hanya sebentar karena setelah rontok, rambut akan kembali tumbuh dengan baik.


Mengatasi Rambut Rontok di Usia Muda
Cara Mengatasi Rambut Rontok di Usia Muda


Penyebab Rambut Rontok di Usia Muda

Sebagian orang mengalami rambut rontok kira-kira 50 sampai 100 helai rambut perhari. Angka tersebut adalah jumlah kerontokan normal pada remaja sebab rambut akan kembali tumbuh dengan baik. Akan tetapi bagaimana apabila rambut rontok jumlahnya melebihi angka kerontokan normal tersebut? Supaya rambut rontok bisa diatasi dengan benar, maka perlu dipahami dahulu apa penyebabnya.

  • Karena Perubahan Hormon

Pada anak remaja wanita biasanya mengalami rambut rontok yang disebabkan oleh faktor hormon. Perubahan hormon hingga perubahan tubuh pada anak yang beranjak menjadi remaja menyebabkan terjadinya rambut rontok.


Pertumbuhan anak menuju usia remaja atau pubertas menyebabkan hormon dalam tubuh tak seimbang jadi memicu terjadinya beberapa hal misalnya dalam faktor kebiasaan makan yang tidak teratur, pertumbuhan pada rambut, serta emosi yang tidak stabil.


Dalam proses pertumbuhan rambut, diakarnya terdapat hormon khusus yang mengikatnya. Dihidrotestosteron (DHT) merupakan suatu hormon yang menyebabkan rambut rontok. Hormon dihidrotestosteron (DHT) juga berfungsi untuk proses pertumbuhan diusia pubertas.


Hal yang menyebabkan rambut rontok pada perempuan yang menginjak usia pubertas yaitu karena hormon DHT yang tidak seimbang. Namun hal tersebut sangat wajar terjadi pada masa pubertas, dan ketika hormon dalam tubuhnya sudah seimbang maka semuanya akan kembali normal.


Jika dilihat dari maraknya perkembangan tren hairstyle atau tren gaya rambut terbaru, tidak sedikit remaja mengikuti tren-tren gaya rambut yang muncul, bahkan mereka tidak segan memakai produk-produk yang mengandung bahan kimia yang mana hal tersebut membuat kulit kepala menjadi panas. Bergonta-ganti hairstyle atau gaya rambut dapat menyebabkan akar rambut tertarik.


Membuat rambut lurus menggunakan catok atau membuat rambut kriting setiap hari dapat membuat rambut menjadi rapuh dan kering, sehinga rambut akan mengalami kerontokan.


  • Asupan Nutrisi Yang Kurang

Nutrisi juga perlu diperhatikan dalam pertumbuhan rambut. Pasalnya nutrisi berperan penting dalam pencegahan rambut rontok pada remaja pubertas. Apabila terlalu sering memakan makanan junk food dibandingkan dengan sayur serta buah-buahan dapat menyebabkan kurangnya vitamin, protein, serta mineral untuk mempertahankan kekuatan rambut.


Pada saat tubuh menerima sedikit nutrisi maka nutrisi yang sedikit tidak tahu akan distribusikan pada bagian tubuh yang mana. Tentunya tubuh akan distribusikan nutrisi pada bagian tubuh yang penting terlebih dahulu sehingga nutrisi yang didistribusikan pada bagian rambut akan berkurang atau lebih sedikit.


Orang tua juga perlu memperhatikan apa penyebab rambut rontok pada anak remaja nya. Nutrisi yang kurang bisa disebabkan karena remaja mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi.


  • Karena Efek Samping dari Obat-Obatan

Kerontokan rambut pada remaja pubertas juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu. Remaja yang mempunyai masalah diabetes, tiroid, infeksi kulit kepala, serta kelainan kulit bisa menyebabkan remaja mengalami kerontokan pada rambutnya.


Akan tetapi kalian tak usah cemas terlebih dahulu apabila mengalami rambut rontok. Sebab jika mengalami rambut rontok yang dipicu oleh kondisi medis maka akan menimbulkan gejala lainnya.


Jadi sebagai orang tua yang memiliki akan perempuan remaja pubertas sangat perlu memperhatikan perubahan pada anaknya yang berkaitan dengan rambut rontok serta memeriksanya ke dokter.


Cara Mengatasi Rambut Rontok di Usia Muda

Cara ampuh untuk memperbaiki rambut rontok yaitu dengan mengetahui penyebabnya untuk bisa mengatasi masalah rambut rontok tersebut. Berdasarkan situs web John Hopkins Children’s Hospital, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika remaja alami rambut rontok. berikut ini Cara Mengatasi rambut rontok di usia muda:

  • Konsumsi lebih banyak makanan mengandung Omega-3
  • Jangan terlalu sering menggunakan pelurus rambut dan pengering rambut (hairdryer) terlalu panas. Hindari penggunaan bahan kimia pada rambut terlalu sering, seperti bleaching atau pewarnaan
  • Konsultasikan ke dokter kemungkinan adanya ketidakseimbangan hormon yang tidak normal
  • Lebih banyak konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang dengan asupan kalori yang optimal
  • Keramas dan sisir rambut dengan lembut. Oleskan minyak untuk menutrisi rambut, misalnya minyak kelapa, minyak zaitun
  • Pastikan apakah anak remaja mengalami kekurangan vitamin, terutama zat besi
  • Kurangi stres dan tekanan pada kehidupan anak remaja


Pada umumnya masalah kerontokan rambut pada remaja dapat diatasi dengan mengikuti langkah diatas, sehingga seharusnya masalah rambut rontok dapat dituntaskan. Akan tetapi apabila rambut rontok tidak mau berhenti dan terus berlanjut maka silahkan periksakan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.


Demikian hanya itu ulasan yang bisa kami bagikan tentang Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mengatasinya. Semoga yang kami sampikan dapat bermanfaat bagi semuanya, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama