Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak Pada Kulit

Daftar Isi [Tampil]

Menemukan skincare yang cocok untuk kulit wajah bukanlah hal yang gampang. Banyaknya produk skincare yang dijual dipasaran cukup membuat sulit untuk menemukan yang cocok diwajah. Maka dari itu akan cukup lama untuk menemukan satu skincare yang tepat. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang bagaimana cara mengetahui skincare yang cocok untuk kulit wajah kalian.


Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak
Cara Mengetahui Skincare Cocok atau Tidak Pada Kulit


Cara Mengetahui Produk Skincare Yang Cocok atau Tidak Dengan Kulit Kita

Setiap skincare akan memperlihatkan hasil yang tidak sama pada setia p orang dikarenakan jenis atau kulit wajah setiap orang berbeda-beda. Nah dibawah ini merupakan tanda-tanda yang memperlihatkan bahwa kulit kalian cocok dengan produk skincare yang digunakan.


  • Kulit Menjadi Lembab Serta Kenyal

Umumnya skincare memiliki fungsi utama yaitu untuk membuat kulit jadi lembab. Nah maka dari itu jika setelah menggunakan skincare kulit kalian menjadi lebih lembab, bersinar, kenyal maka itu tandanya skincare yang kalian gunakan bekerja secara maksimal.


Apabila skincare bekerja dengan optimal dikulit, maka kelembaban akan terkunci dalam lapisan kulit kalian jadi kulit akan terlihat lebih kenyal dan lembab. Dengan menggunakan skincare yang tepat maka kulit kalian akan terbebas dari sel-sel kulit mati yang tentunya akan membuat kulit tampak lebih bercahaya.


Silahkan coba bandingkan dengan kulit yang berminyak. Caranya sentuhlah bagian wajah kalian menggunakan jari bersih maka jika berminyak akan tampak lebih licin, hal itu dikarenakan produksi sebum yang banyak atau berlebih.


  • Perubahan Warna Kulit Merata

Cara selanjutnya untuk ketahui skincare cocok atau tidak yaitu dengan cara melihat tampilan kulit kalian. Jika menggunakan skincare yang cocok maka kulit akan tampak lebih bersih serta terbebas dari semua masalah kulit.


Permukaan serta warna kulit akan tampak lebih rata, tanpa adanya ruam kemerahan, peradangan, bahkan area lebih gelap. Kulit kalian akan terasa lebih halus, bebas dari bruntusan, jerawat, serta pori mengecil.


  • Ada Perubahan Positif Pada Kulit

Jika skincare yang digunakan cocok dikulit, maka pastinya kalian akan rasakan manfaat atau fungsi dari kandungan skincare tersebut. Contohnya skincare yang memiliki kandungan niacinamide dan alpha arbutin yang berguna untuk pudarkan noda atau flek hitam pada kulit wajah, Krim retinol berguna untuk hilangkan milia, masker dengan kandungan lidah buaya berfungsi untuk tenangkan kulit sensitif, serta kandungan-kandungan bahan aktif lainnya yang memiliki fungsi masing-masing.


Ciri-Ciri Skincare Yang Tidak Cocok Dengan Kulit

Dibawah ini merupakan ciri atau tanda-tanda yang mungkin akan terjadi apabila menggunakan skincare yang tidak cocok dengan kulit wajah kalian.


  • Saat dipakai kulit terasa panas

Apabila setelah penggunaan skincare baru kulit wajah kalian terasa panas layaknya tersengat maka itu berarti wajah kalian tidak cocok dengan produk skincare tersebut dan harus segera hentikan pengunaannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena kulit wajah kalian alergi dengan kandungan bahan aktif yang ada dalam skincare tersebut.


Kalian bisa ketahui apakah skincare yang digunakan cocok atau tidak dengan kulit kalian dengan cara perhatikan berapa lama sensasinya bertahan. Rasa menyengat atau panas setelah dioleskan skincare adalah hal wajar terjadi, namun sensasi panas dan menyengat tersebut umumnya berlangsung hanya sekitar semenit saja.


Jika rasa panas tidak hilang setelah semenit atau berkelanjutan maka itu berarti skincare yang digunakan tidak cocok dengan kulit kalian. Bisa jadi kalian terkena dermatitis kontak.  Dermatitis kontak merupakan peradangan kulit yang disebab kan oleh paparan zat pemicu iritasi atau alergi.


  • Sebagian kulit jadi semakin kering 

Selain merasakan rasa menyengat dan panas pada kulit, gejala lain yang biasa muncul ketika memakai skincare yang tidak cocok dikulit yaitu kulit kering dan terkelupas. Umunya produk skincare yang memiliki efek gejala efek samping ini yaitu krim atau serum yang memiliki kandungan retinoid.


Retinol memang berfungsi untuk percepat mengelupas sel kulit mati serta mempercepat tumbuhnya kolagen baru. Itu bertujuan untuk kurangi garis halus serta untuk ratakan warna kulit alami.


Akan tetapi kulit mengelupas serta kering yang berlebihan berarti bahwa kulit kalian tidak cocok dengan kandungan produk skincare yang digunakan. Terlebih lagi apabila kulit nyeri dan terlihat kemerahan, peradangan seperti itu dapat menimbulkan kulit menjadi stress dan mengalami penuaan lebih cepat.


  • Kulit menjadi kemerah merahan

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah skincare yang digunakan cocok atau tidak yaitu dengan cara memperhatikan apakah ada ruam pada kulit. Terutama jika muncul ruam dalam jangka waktu lama setelah kalian sudah gunakan skincare berulang kali.


Gejala efek samping tersebut umumnya diakibatkan oleh bahan kimia dalam pengharum,engawet yang bisa membuat kulit iritasi. Oleh karena itulah pentingnya melakukan tes reaksi sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan suatu produk skincare.


Cara mengetesnya cukup gampang, kalian hanya perlu mengoles sedikit produk skincare pada kulit misalnya kulit belakang telinga atau kulit punggung tangan. Apabila terdapat ruam pada area kulit yang dioleskan skincare maka itu tandanya produk skincare tersebut tidak cocok dengan kulit kalian.


  • Kulit malah menjadi gelap

Munculnya bintik coklat pada kulit tidak semestinya pertanda bahwa kulit mengalami penuaan. Akan tetapi munculnya bintik coklat pada kulit menandakan bahwa kulit tidak cocok atau alergi dengan produk skincare yang kalian gunakan.


Gejala efek samping tersebut umumnya disebabkan karena adanya efek samping dari kandungan bahan pemutih kulit seperti alpha arbutin, hidrokuinor, asam kojic. Apabila kalian mengalami hal diatas maka berhetilah menggunakan produk skincare tersebut.


  • Timbul dan Terasa Gatal-Gatal Pada Kulit

Cara terakhir untuk mengetahui apakah skincare yang digunakan cocok atau tidak adalah dengan cara memperhatikan adanya rasa gatal pada kulit. Jika alami rasa gatal ringan memang wajar saja, namun jika rasa gatal berlebihan tentu berarti bahwa itu bukan gatal yang wajar.


Cara mengetahui produk mana yang mengakibatkan gatal, silahkan lakukan tes satu satu produk yang kalian gunakan dan perhatikan reaksinnya dikulit kalian. Beri jarak 2-3 minggu untuk lihat kecocokan produk skincare sebelum gunakan produk skincare baru.


Meggunakan skincare memang memberikan berbagai kebutuhan untuk kulit kalian dan tentunya prosesnya memakan waktu yang tidak sebentar. Sambil menunggu hasil penggunaan skincare kalian bisa memperhatikan produk skincare yang digunakan cocok atau tidak dengan kulit kalian dengan melihat reaksi yang muncul.


Jika kulit kalian terasa panas namun hanya sebentar saja, itu berarti kulit kalian sedang sesuaikan diri dengan bahan-bahan yang terkandung dalam skincare tersebut. Namun apabila reaksi gatal atau panas menyengat yang cukup lama atau berkelanjutan itu menandakan bahwa kulit tidak cocok dengan skincare yang kalian gunakan.


Demikian hanya itulah yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga yang kami sampaikan bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama