Inilah 6 Cara Merawat Rambut Keriting yang Tepat

Daftar Isi [Tampil]

Cara merawat rambut keriting tentu saja tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Alih-alih salah melakukan perawatan dapat berujung pada rambut yang kusut dan mudah rontok. Memang, untuk merawat rambut keriting diperlukan perlakuan yang ekstra dan harus tepat.


Karakteristik dari rambut keriting yang cenderung sulit diatur, akan menjadikan rambut mudah kusut. Selain itu, rambut keriting juga memiliki kelembaban yang rendah, sehingga mudah rapuh dan rontok. Tapi tenang saja, ada cara merawat rambut keriting yang mudah dilakukan.


Cara Merawat Rambut Keriting
Cara Merawat Rambut Keriting yang Tepat


Berikut ini 6 Cara Merawat Rambut Keriting yang Tepat

1. Tidak Melakukan Keramas Tiap Hari

Cara merawat rambut keriting yang utama ialah tidak melakukan keramas tiap hari. Memang, keramas diperlukan untuk membersihkan kulit kepala dari berbagai kotoran, sebum, dan keringat. Akan tetapi, jika terlalu sering melakukan keramas justru akan membuat rambut keriting kehilangan kelembapannya. Alhasil, rambut akan kering dan mudah rusak.


Selain itu, perlu diperhatikan juga dalam pemilihan shampo yang akan digunakan. Bahkan, disarankan untuk menggunakan dry shampoo saja dan juga hindari shampo yang mengandung sulfat. Sebaiknya, untuk rambut keriting tebal bisa melakukan keramas dalam waktu seminggu sekali. Sementara, rambut keriting tipis bisa di keramas 2 sampai 3 kali dalam seminggu.


2. Memperhatikan Teknik Berkeramas

Teknik keramas untuk rambut keriting tentu saja berbeda dengan rambut lurus. Bagi pemilik rambut keriting, disarankan untuk melakukan gerakan maju dan mundur dengan lembut. Perlu diperhatikan pula, hindari mengumpulkan rambut pada satu sisi serta tidak melakukan gerakan memutar. Pasalnya, hal itu hanya akan membuat rambut semakin kusut.


3. Tidak Mengeringkan Rambut Basah dengan Handuk Kasar

Setelah selesai keramas, sebaiknya tidak mengeringkan rambut yang basah dengan handuk kasar. Terlebih lagi jika menggosoknya dengan gerakan yang kencang. Hal ini, akan membuat rambut mudah kusut dan patah.


Cara mengeringkan yang baik adalah dengan mengelap rambut menggunakan handuk halus. Setelah itu, diamkan hingga rambut mengering sendiri. Penggunaan hair dryer juga tidak dianjurkan untuk mengeringkan jenis rambut keriting ini.


4. Rutin Memakai Kondisioner

Rambut keriting yang sulit diatur, tentunya sangat perlu untuk menggunakan kondisioner setelah berkeramas. Kondisioner ini berperan dalam menjaga kelembapan rambut, sehingga mudah untuk diatur. Di samping itu, kondisioner juga membuat rambut menjadi berkilau dan bervolume. Penggunaan kondisioner tidak boleh sampai mengenai kulit kepala. Kondisioner cukup diratakan pada batang rambut saja. Kemudian, dibiarkan hingga 10 sampai 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.


5. Menggunakan Air Dingin Ketika Keramas

Khusus untuk rambut keriting, sangat tidak disarankan untuk menggunakan air panas. Sebabnya, air panas tersebut dapat mengurangi kelembaban rambut, sehingga membuat rambut nampak kering. Apabila kering, rambut pasti akan mudah mengalami kerontokan.


6. Rajin Melakukan Perawatan Kulit Kepala

Bagi rambut keriting sebaiknya melakukan perawatan kulit kepala dengan menggunakan masker rambut. Berikan perawatan tersebut paling tidak dua kali dalam seminggu. Kandungan masker berfungsi untuk menutrisi rambut hingga akar.


Tidak hanya itu, melakukan eksfoliasi juga penting untuk dilakukan. Perawatan ini mampu mengangkat ketombe yang menumpuk pada permukaan kulit kepala. Maka dari itu, sel kulit mati pada kepala akan selalu berganti dengan melakukan regenerasi.


Setelah mengetahui cara merawat rambut keriting, pastikan untuk selalu menata rambut dengan baik setiap hari. Agar rambut selalu terlihat indah dan terhindar dari kekusutan. Bagaimana, merawat rambut yang berjenis keriting tidak sulit untuk dilakukan, bukan?

Lebih baru Lebih lama