7 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing

Daftar Isi [Tampil]

Beberapa wanita memang suka bereksperimen dengan rambutnya misalnya saja dengan smoothing. Tujuan awal perlakuan ini tentunya agar tampilan lebih keren dan fresh saat memiliki rambut lurus. Namun, tidak jarang pasca smoothing malah menimbulkan kerusakan rambut yang bermacam-macam. Oleh karena itu, akan dipaparkan beberapa cara merawat rambut rusak akibat smoothing agar kembali sehat.


Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smothing
Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smothing


7 Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Smoothing Agar Kembali Sehat

1. Memotong Bagian Ujung Rambut Rusak

Rusaknya rambut karena smoothing salah satunya saat ujung rambut jadi bercabang bahkan juga kering. Tentunya rambut bercabang menjadi indikasi tidak sehatnya rambut. Untuk solusi hal ini bisa dilakukan dengan memotong ujung yang rusak. Pemotongan ujung rambut ini biasa disebut dengan trimming dimana merupakan solusi tepat untuk mencegah rambut bercabang.


2. Menggunakan Sampo dan Kondisioner Yang Sesuai 

Bagi sebagian orang dengan kondisi rambut sehat penggunaan shampo saja dirasa sudah cukup. Namun, bagi yang rambutnya terlanjur rusak. Untuk mengembalikan ke kondisi lebih baik bisa menggunakan sampo kemudian dilanjutkan  kondisioner. Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan misalnya untuk rambut rontok, kering, kusam ataupun hingga bercabang.


3. Menghindari Terlalu Sering Memakai Sisir Bergigi Rapat

Salah satu kerusakan yang timbul pasca smoothing adalah kerontokan yang parah. Oleh karena itu, ada baiknya mulai memakai sisir bergigi jarang. Hal ini efektif saat hendak menjaga dari resiko kerontokan. 


Namun, alangkah baiknya jika dirasa rambut sangat kusut bisa disisir terlebih dahulu pakai jari tangan. Dan pisahkan bagian yang terlalu kusut. Tentunya disisir dengan pelan dan lembut. Untuk pemilihan sisir usahakan bukan terbuat dari plastik, pasalnya bisa berakibat kusam dan kering.


4. Mengurangi Kebiasaan Keramas  Air Hangat

Bagi yang suka mandi air hangat, pasti juga merasakan sensasi nyaman saat mengguyur air hangat ke kepala. Namun, ternyata kebiasaan semacam ini tidak tepat. Pasalnya saat membilas rambut setelah keramas, air hangat akan membuat rambut lebih kering nantinya. Rambutpun kehilangan kelembabannya, jadi usahakan memakai air bersuhu normal.


5. Memakai Serum Jika Perlu

Serum tidak hanya digunakan pada kulit wajah atau badan saja. Namun, ada produk serum  rambut yang bisa menjadi cara merawat rambut rusak akibat smoothing. Tentunya penggunaan serum ini akan menjaga tiap helai rambut agar tetap lembab dan mendapatkan nutrisi.


Selain itu serum juga sebagai pelindung rambut, jadi lebih aman saat berada di tempat yang banyak polusi. Untuk itu pastikan juga memilih serum dengan kualitas yang baik. Beberapa produk sampo juga sudah banyak yang memberikan serum pada komposisi sampo yang diproduksi.


6. Creambath

Melakukan creambath dengan rutin bisa menjadi solusi perawatan rambut. Pasalnya jika hanya mengandalkan sampo dan kondisioner belum tentu cukup. Untuk creambath sendiri bisa dilakukan di salon maupun di rumah. Sudah banyak produk-produk yang creambath yang dijual bebas.


7. Menjaga Kelembaban Rambut

Tanda bahwa rambut itu sehat salah satunya dilihat dari kelembaban yang sesuai. Sehingga tujuan merawat adalah untuk menjaga kelembaban rambut. Namun saat aktivitas berlebihan akan timbul keringat dan minyak rambut. Kondisi yang terlalu basah ini harus dihindari pasalnya akan membuat lepek.


Tidak hanya itu saat berada di bawah matahari langsung akan membuat rambut menjadi lebih kusam. Terlebih debu akan menempel pada rambut. Sehingga usahakan tidak berada di kondisi semacam itu. Jikapun terjadi maka sesegera mungkin mengeringkan rambut dan membersihkan dengan keramas.


Kini tidak perlu lagi khawatir pada dampak smoothing. Terapkan beberapa cara merawat rambut rusak akibat smoothing yang telah dipaparkan di atas. Tentunya setelah itu juga rajin memberikan perawatan lebih ekstra pada rambut yang terlanjur rusak. 

Lebih baru Lebih lama