Cara Merawat Soflen yang Benar Agar Mata Tetap Sehat

Daftar Isi [Tampil]

Alih-alih ingin mata terlihat indah, menggunakan soflen kotor malah dapat memperburuk kesehatan mata. Oleh karenanya, sobat beauty harus mengetahui cara merawat soflen yang baik dan benar. Ada berbagai cara efektif untuk merawat soflen agar nyaman dan aman digunakan.


Mengapa ini penting? Merujuk pada beberapa riset penelitian American Academy of Ophthalmology, kontak lensa kotor dapat menggores lapisan pada mata. Cara seperti meneteskan tetes mata, nyatanya bukan metode tepat untuk merawat soflen bahkan bisa merusaknya. Untuk sobat beauty di rumah yang penasaran, berikut merUpakan rangkuman beberapa cara merawat lensa kontak yang tepat.


Cara Merawat Soflen yang Benar Agar Mata Tetap Sehat
Cara Merawat Soflen yang Benar Agar Mata Tetap Sehat


Inilah Beberapa Cara Merawat Soflen yang Benar Agar Mata Tetap Sehat

  • Menjaga Kebersihan Lensa Kontak Mata

Hal umum yang penting untuk dilakukan para pengguna lensa kontak adalah dengan menjaga kebersihan soflens tersebut. Seperti mencuci dan mengeringkan tangan sebelum menyentuh ataupun memasang lensa. Begitupun saat melepas lensa kontak juga harus memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih.


  • Lepas Soflens Saat Mandi Atau Sebelum Tidur

Salah satu cara merawat soflen yang tepat adalah dengan melepas lensa kontak sebelum mandi ataupun sebelum tidur. Lepas juga saat ingin berenang atau melakukan kegiatan yang berpotensi memasukkan air ke mata. Tujuannya, agar senyawa maupun kuman dalam air tidak menempel pada lapisan soflens.


Melepas lensa sebelum tidur juga penting. Sebab, saat tidur mata yang menutup tidak mampu membuat atau memproduksi air mata, sehingga berdampak pada kurangnya oksigen. Hal ini berbeda saat mata terbuka, produksi oksigen dan air mata akan lebih banyak.


  • Jangan Bersihkan Soflens Menggunakan Air Keran

Saat seseorang selesai menggunakan lensa mata, sebaiknya hindari mencuci soflens menggunakan air keran. Mengapa? Sebab kebanyakan air keran memiliki kandungan acanthamoeba atau bakteri yang bisa saja menempel pada lapisan lensa. Sehingga mengakibatkan lensa kontak terkontaminasi dengan berbagai bakteri tersebut.


  • Bersihkan Soflens Menggunakan Cairan Pembersih Khusus

Menyambung pada poin sebelumnya, setelah memakai lensa atau soflens sebaiknya membersihkan soflens tersebut menggunakan cairan khusus pembersih lensa. Cara merawat soflen satu ini menjadi vital, menilik pada rentannya lensa terinfeksi bakteri jahat. Ada banyak jenis cairan pembersih yang tersedia. Salah satu yang cukup direkomendasikan yakni Multipurpose Solution.


  • Membersihkan Lensa Kontak Mata Secara Berkala

Hal rutin yang harus menjadi perhatian para pengguna lensa kontak yakni dengan selalu membersihkan soflen setiap kali selesai digunakan. Kemudian simpan soflens dalam sebuah kotak penyimpan yang telah diberikan larutan ataupun cairan pembersih dengan kandungan hydrogen peroksida. Begitupun dengan kontak penyimpanan tersebut juga harus rutin dibersihkan serta diganti setidaknya setiap 3 bulan sekali. 


Hal ini bertujuan agar keamanan serta kebersihan lebih terjamin. Perlu diingat bahwa, membersihkan lensa kontak mata harus dengan hati-hati agar tidak rusak. Hal ini berbanding terbalik jika seseorang menggunakan lensa kontak yang sekali pakai. Setelah selesai dipakai bisa langsung dibuang.


  • Perhatikan Masa Kadaluarsa

Hal yang tidak kalah penting dalam hal merawat soflen ialah memperhatikan masa kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa biasanya tertera pada kemasan soflen yang dibeli. Adapun fungsi dari masa kadaluarsa ini adalah masa batas aman lensa kontak tersebut dapat digunakan serta tidak membahayakan kesehatan mata. Jika telah lewat tanggal yang tertera, lebih baik jangan dipakai.


Mempercantik diri bukanlah hal yang salah, namun jangan sampai berniat merias diri malah berdampak buruk bagi kesehatan. Itulah cara merawat soflen yang mungkin berguna bagi pembaca semuanya. Sebagai manusia, seharusnya selalu bersyukur dengan segala pemberian Tuhan. Namun saat ingin merias diri hendaknya juga mempertimbangkan berbagai hal agar tidak merugikan kesehatan.

Lebih baru Lebih lama