5 Cara Merawat Tas Kulit yang Benar, Supaya Tetap Awet

Daftar Isi [Tampil]

Ada berbagai jenis tas, namun tas yang biasa digunakan untuk menambah kesan elegan dalam penampilan yaitu tas kulit. Maka dari itu, tas kulit seringkali diburu dan memiliki nilai jual yang mahal. Selain itu, tas kulit juga memiliki daya tahan yang lebih baik daripada jenis tas lainnya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih belum tahu cara merawat tas kulit. Berikut ini 5 cara untuk merawat tas kulit yang benar.


Cara Merawat Tas Kulit
5 Cara Merawat Tas Kulit yang Benar


Pahami 5 Cara Merawat Tas Kulit yang Benar, Supaya Tetap Awet Digunakan

1. Jaga Tas Agar Tak Terkena Sinar Matahari Terlalu Lama

Merawat tas kulit memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Salah satunya yaitu tidak terlalu lama menaruh tas pada paparan sinar matahari. Padahal pada saat digunakan, ada kalanya tas kulit dibawa pada tempat yang terkena sinar matahari.


Sebenarnya tidak masalah, jika terkena dalam waktu yang tidak terlalu lama. Namun, apabila dalam kondisi terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, lebih baik taruhlah tas tersebut ditempat yang tidak terpapar sinar matahari atau tempat yang teduh.


Sinar matahari yang terik seperti di Indonesia ini, bisa memberikan dampak buruk pada tas kulit. Salah satunya yaitu bisa membuat warna tas kulit menjadi luntur. Tentu saja warna yang luntur tersebut akan membuat tampilan tas menjadi tidak cantik. Kalau sudah begini, sudah tidak bisa untuk memperbaiki warna tas kulit tersebut seperti awalnya.


2.  Gunakan Cairan Pembersih yang Benar

Debu maupun noda seringkali menempel pada tas. Ada beberapa penyebab mengapa debu atau noda tersebut bisa muncul. Hal ini bisa disebabkan tas ketumpahan air, minyak, parfum, atau sisa-sisa makanan cemilan yang sebelumnya ditaruh di tas. Untuk membersihkannya, biasanya orang-orang akan mencucinya dengan air jernih atau air sabun. Padahal kegiatan tersebut tidak baik dilakukan pada tas kulit.


Cara untuk merawat tas kulit apabila terkena noda atau debu yaitu dengan cara  mengeringkannya dan mengelap bagian kotor dengan kain halus. Jangan gunakan air, karena air bisa merusak serat pada kulit tas. Lakukan kegiatan pembersihan ini secara hati-hati juga.


3. Letakkan Tas di Tempat yang Tidak Lembab

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik tas kulit yaitu menaruh tas kulit di tempat yang gelap, tertutup, dan lembap seperti di dalam lemari pakaian. Hal ini tidak baik karena tempat yang lembab bisa membuat tas kulit mengalami jamuran. Jadi taruhlah di tempat terbuka, ada sirkulasi udaranya. Jika perlu sediakan lemari khusus untuk menaruh tas kulit.


4. Hindari Menaruh Tas Kulit dalam Tumpukan

Setelah digunakan, biasanya orang akan meletakkan tas kulit secara sembarangan. Bahkan tak jarang menaruh tas di tumpukan pakaian atau benda-benda lain. Apabila terlalu lama tertindih barang-barang, biasanya tas kulit akan timbul lipatan yang memperburuk tampilan tas kulit. Cara merawat tas kulit yang benar yaitu dengan tidak menindihnya dengan barang-barang lain. Usahakan tas dalam kondisi berdiri supaya bentuk tas tidak berubah.


5. Simpan Tas di Tempatnya

Pada saat awal membeli tas kulit, biasanya penjual akan memberikan bungkus atau tas khusus untuk menaruh tas kulit. Supaya tetap awet, lebih baik taruh tas di tempat bungkus awal membeli tersebut. Selain itu, bungkus tas juga bisa berfungsi untuk melindungi tas dari debu.


Itulah 5 cara merawat tas kulit yang bisa dilakukan. Rawatlah baik-baik tas kulit yang dimiliki supaya tetap tampilan yang elegan. Tas kulit memiliki tingkat keawetan yang lebih baik daripada jenis tas lainnya. Namun dengan catatan, perawatan yang dilakukan harus benar.

Lebih baru Lebih lama