Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Jidat, Pipi, Dahi dan Hidung

Daftar Isi [Tampil]

Jerawat dapat dihilangkan dengan memanfaatkan bahan alami seperti lemon, lidah buaya, kunyit, serta minyak pohon teh. Banyak yang mencari Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi, Cara Menghilangkan Jerawat di Jidat, Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi, Cara Menghilangkan Jerawat di Hidung.


Minyak dan sel kulit mati yang tersumbat di pori-pori menjadi penyebab munculnya jerawat. Jerawat merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan sumbatan serta peradangan yang melibatkan folikel rambut dan kelenjar sebasea, menurut kamus kementrian kesehatan.


Sedangkan menurut data studi GBD (Global Burden of Disease), jerawat merupakan sebuah kondisi kulit yang paling umum di dunia, mempengaruhi kira-kira 85% orang usia 12 sampai 25 tahun. Faktor utama yang menyebabkan munculnya jerawat yaitu produksi hormon yang tidak stabil ketika masa pubertas.

Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Jidat, Pipi, Dahi dan Hidung


Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung, Jidat, Pipi, Dahi dan Hidung Secara Alami Dengan Cepat

Berdasarkan American Academy of Dermatology, terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah jerawat, silahkan simak dibawah ini tentang beberapa cara menghilangkan jerawat.


  • Pertama, cuci muka dengan teratur. Pakailah sabun wajah ringan, tanpa pewangi serta lembut dikulit ketika menggunakannya.


  • Kompres wajah menggunakan es batu guna mengurangi pembengkakan jerawat. Caranya cukup mudah, silahkan bungkus es batu dengan tisu atau handuk kemudian kompreskan pada wajah yang berjerawat selama 5-10 menit. Lakukan 2 kali dengan jarak waktu 10 menit.


  • Gunakan produk yang memiliki kandungan 2% benzoil peroksida ke muka yang berjerawat. Biasanya produk tersebut dijual di apotek. Dengan kandungannya tersebut akan membantu bunuh bakteri penyebab utama jerawat. Untuk cara penggunaannya bisa kalian lihat di kemasan.


  • Kompres hangat ketika timbul jerawat. Caranya rendam lap bersih menggunakan air panas, lalu kompres pada jerawat selama 10 sampai 15 menit. Lakukan 3 atau 4 kali sehari sampai hingga jerawat keluarkan nanah dan sembuh.


  • Periksalah ke dokter kulit untuk mengobati jerawat sesuai anjuran dari dokter.


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat

Jerawat dapat dihilangkan dengan memakai bahan-bahan alami, berikut ini bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

  • Mencoba Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh merupakan anti inflamasi serta anti bakteri alami yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat atau P. acnes. Studi Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology menemukan bahwa produk minyak teh yang memiliki konsentrasi 5% sangat ampuh menghilangkan jerawat ringan dan jerawat sedang.


  • Dengan Menggunakan Minyak Jojoba

Berdasarkan jurnal Polymers (Basel), minyak jojoba bisa tembus folikel serta menghilangkan komedo, maka jerawat akan hilang. Minyak jojoba sangat ampuh untuk perlambat produksi sebum berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Minyak jojoba mudah diserap kulit sehingga minyak yang tersumbat dalam pori-pori akan larut.


  • Rutin Menggunakan Lidah buaya

Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology adalah sebuah studi pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa senyawa dalam tanaman lidah buaya yaitu aloesin dapat berguna kurangi jerawat.


Jerawat akan lebih cepat pudar dan kulit akan lebih sehat jika menggunakan lidah buaya. Pakailah gel lidah buaya segar lalu aplikasikan ke bekas jerawat, diamkan semalam dan bilas dengan bersih besok paginya.


  • Coba Oleskan Pakai Bawang Putih

Menurut jurnal Applied and Environmental Microbiology, Bawang putih bersifat antivirus, anti bakteri, anti jamur serta antiseptik dari allicin. Allicin sangat ampuh bunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat, serta juga dapat mengurangi radang dan bengkak pada jerawat, dan juga bisa tingkatkan sirkulasi darah.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam Dengan Cepat Secara Alami

Berikut ini merupakan cara menghilangkan jerawat secara alami, simak dibawah ini.

  • Gunakan Minyak rosehip

Minyak rosehip merupakan salah satu bahan alami yang disebut mampu hilangkan bekas jerawat. Sebuah studi dalam jurnal Archives of Dermatological Research menemukan bahwa asam linoleat yang terdapat dalam minyak rosehip bisa membantu kurangi hiperpigmentasi bekas jerawat. Rosehip bisa membantu kalian mengatasi bekas jerawat yang berwarna gelap.


Vitamin A dan asam linoleat yang terkandung dalam minyak rosehip juga bisa mengatur produksi sebum, jadi akan membantu cegah munculnya komedo. Aplikasikan minyak rosehip pada wajah yang terdapat bekas jerawat lalu diamkan semalam dan bilas dengan bersih besok paginya.


  • Mencoba Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang mampu atasi bekas jerawat. Sel-sel pigmen kulit yang menghasilkan melanin akan terhambat, jadi bekas jerawat akan menghilang. Air perasan lemon segar bisa berguna untuk kurangi merah bekas jerawat yang sudah muncul. Kalian hanya perlu membasahi kapas dengan air perasan lemon lalu aplikasikan ke bekas jerawat.


Cukup oleskan pada area yang terdapat bekas jerawat, karena apabila dioleskan diseluruh wajah maka akan mengakibatkan iritasi kulit terutama untuk tipe kulit wajah sensitif sebab lemon memiliki kandungan vitamin C yang asam.


  • Pakai unyit

Kunyit juga salah satu bahan alami yang kandungannya bisa membantu cerahkan kulit dan juga sangat ampuh hilangkan bekas jerawat tanpa adanya efek samping. Kandungan anti-inflamasi pada kunyit bisa tenangkan bekas jerawat. Kunyit memiliki senyawa yang disebut kurkumin yang berguna sebagai pencegah hiperpigmentasi kulit.


Berdasarkan salah satu studi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa kunyit dapat bantu kurangi hiperpigmentasi sampai 14% dalam jangka waktu 4 minggu. Campurkan bubuk kunyit dengan air, lalu aplikasikan pada wajah yang terdapat bekas jerawat, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan bersih menggunakan air hangat.


  • Gunakan Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang sangat efektif menghentikan pertumbuhan bakteri. Cuka apel juga bersifat anti mikroba, sehingga apabila digunakan sebagai perawatan kulit wajah maka jerawat kalian akan hilang.


Untuk atasi jerawat, pakailah cuka apel dengan aplikasikan sebagai masker. Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan 1 sdm cuka apel, 1 sdt soda kue, 2 sdm madu, aduk hingga rata dan aplikasikan diwajah kalian. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.


Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Berdasarkan publikasi NYU Langone Hospitals, ada beberapa jenis jerawat berdasarkan cara terbentuknya, simak dibawah ini.


  • Jerawat Komedo Hitam

Blackheads atau komedo hitam merupakan noda kecil yang kerap timbul berkelompok. Berwarna hitam gelap dan sering disebut sebagai kotoran. Blackheads muncul karena adanya minyak yang tersumbat dalam pori-pori. Pada saat minyak terpapar udara, maka terjadi proses oksidasi yang menjadikan warnanya berubah menjadi hitam.


  • Jerawat Komedo Putih

Whiteheads atau komedo putih ukurannya hampir sama dengan blackheads, bentuknya bulat dan ringan. Komedo putih muncul disebabkan oleh minyak serta sel kulit mati tersumbat dalam pori-pori sehingga permukaan kulit tertutup.


  • Jerawat Papula

Popula merupakan noda merah kecil yang meradang, biasanya muncul dalam jumlah banyak di pipi dan dahi. Jerawat jenis popula jika disentuh akan terasa sakit.


  • Jerawat Pustula

Pustula merupakan jenis jerawat noda yang meradang serta bernanah. Ukuran jerawat pustula bervariasi. Nanah dari jerawat pustula merupakan campuran dari bakteri, minyak, dan sel kulit mati yang tersumbat dibawah kulit sampai bertumpuk dan mengakibatkan infeksi.


Tubuh memiliki respon alami melawan infeksi. Namun respon tersebut malah mengakibatkan bengkak dan kemerahan yang mengelilingi noda dan timbullah jerawat.


  • Jerawat Nodul

Jerawat jenis nodul memiliki ukuran besar seperti benjolan bengkak yang muncul akibat dinding folikel rambut rusak. Sehingga menyebabkan minyak dan bakteri masuk kelapisan kulit lebih dalam. Infeksi terjadi karena bakteri tersebut yang mengakibatkan timbulnya jerawat yang sangat sakit. Nodul memiliki akar cukup dalam dikulit, maka bisa membuat rusak jaringan kulit secara permanen serta dapat meninggalkan bekas luka.


  • Jerwat Kistik

Jerawat terakhir yaitu jenis kistik, kistik merupakan noda yang cukup besar yang terjadi akibat reaksi peradangan parah yang letaknya jauh dalam pori-pori, terjadi akibat dinding bagian dalam pori pecah mengakibatkan minyak dan bakteri tersebar disekitar kulit. Hal tersebut tentu saja membuat infeksi.


Apabila disekitar kulit yang terinfeksi ini terbentuk membran, maka itu bisa menyebabkan terjadinya kista. Jerawat jenis kistik ini cukup menyakitkan.


Demikian itulah yang dapat kami sampaikan tentang 8 cara menghilangkan jerawat dan bekasnya secara alami. Semoga yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua, terima kasih sudah terkunjung.

Lebih baru Lebih lama