Ciri Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

Daftar Isi [Tampil]

Apakah kalian mengalami masalah kulit yang belum bisa teratasi meskipun sudah menggunakan banyak produk skincare? Nah bagi kalian yang sudah pasrah dengan masalah kulit yang berkepanjangan, kini waktunya kalian mengetahui apa sebenarnya penyebab dari masalah kulit yang kalian alami. Tidak menutup kemungkinan bahwa masalah kulit yang kalian alami dipicu oleh skin barrier yang rusak.


Perlu kalian pahami bahwa skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang befungsi menjaga kulit dari faktor kerusakan luar seperti kotoran, polusi, paparan sinar matahari dan faktor lainnya.


Agar bisa mengetahui apakah skin barrier kalian mengalami kerusakan atau tidak, disini kami akan membagikan tentang ciri-ciri skin barrier yang mengalami kerusakan serta cara mengatasinya. Silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.


Ciri Ciri Skin Barrier Rusak
Ciri Ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya


Ciri-ciri Skin Barrier yang Rusak

Kita dapat mengetahui apa masalah yang dialami oleh wajah dari melihat ciri-cirinya saja atau bisa juga dari apa yang dirasakan. Termasuk untuk mengetahui skin barrier yang mengalami kerusakan. Terdapat beberapa tanda bahwa skin barrier alami kerusakan yaitu kulit tampak lebih kering, kusam, mengelupas kasar, gatal, bersisik, kasar, timbul jerawat, berminyak, kemerahan, serta terjadinya peradangan.


Jika kalian merasa kulit seperti ditarik kencang, itu juga menandakan bahwa skin barrier kalian alami kerusakan atau bermasalah. Oleh karena itu sangat perlu untuk memperhatikan ciri-ciri yang muncul dikulit wajah agar kalian tidak salah mengambil solusi untuk memperbaikinya.


Penyebab Skin Barrier Rusak

Terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan skin barrier alami kerusakan misalnya seperti faktor usia, cuaca, salah cara menggunakan produk skincare, serta tidak cocok dengan kandungan produk kecantikan yang digunakan. Berikut ini penyebab skin barrier rusak:

  • Stres dan kurang waktu tidur
  • Terkena bahayanya zat polutan dari lingkungan
  • Terakhir yaitu faktor umur yang semakin bertambah tua, bisa menjadi penyebab skin barrier menjadi lemah, untuk penyebab lebih detailnya, silahkan simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.


Memakai produk skincare yang memiliki kandungan bahan keras bisa mengakibatkan terjadinya iritasi kulit. Umumnya hal tersebut memiliki ciri-ciri kulit menjadi kering dan terkelupas.


Over exfoliating bisa menyebabkan skin barrier terkikis. Disamping mengangkat sel kulit mati, over exfoliating bisa menyebabkan rusaknya lapisan kulit paling luar atau skin barrier mengalami kerusakan.


Kelembapan kulit juga bisa menjadi penyebab skin barrier mengalami kerusakan. Namun banyak para wanita yang sepele kan akan kelembapan kulit mereka. Terutama bagi kalian yang mempunyai tipe kulit berminyak, mungkin kalian merasa tidak memerlukan pelembab diwajah kalian. Perlu kalian ketahui bahwa apapun jenis kulit, produk skincare pelembab selalu diperlukan untuk menjaga kadar kelembapan kulit wajah kalian agar selalu lembab sehat terawat.


Faktor penyebab skin barrier rusak selanjutnya yaitu terpapar sinar matahari langsung dalam waktu cukup lama tanpa memakai sunscreen atau perlindungan dari sinar UV. Sinar matahari kita ketahui bersama bahwa sangat berbahaya bagi kulit dan bisa menyebabkan dampak serius pada kulit yang terpapar sinarnya.


Dampak Skin Barrier yang Rusak

Selanjutnya, kerusakan skin barrier akan sangat terlihat dampaknya terhadap kulit, jadi tentu saja akan sangat mudah dirasakan. Terdapat beberapa hal yang dapat dirasakan apabila skin barrier rusak, yaitu kulit menjadi kering, terjadi peradangan, kulit menjadi sensitif, serta kulit terkelupas. Ada juga yang mengalami kulit wajah berjerawat, serta kulit dehidrasi. Hal itu tak bisa kalian hindari, sebab jika skin barrier rusak maka akan memproduksi sebum lebih banyak.


Cara Memperbaiki dan Mengatasi Skin Barrier Rusak

Walaupun sudah menyadari ciri-ciri akan kerusakan skin barrier dan kalian sedang mengalaminya, kalian tak usah cemas. Sebab untuk memperbaiki skin barrier yang rusak tidak terlalu rumit untuk mengatasinya. Silahkan simak beberapa cara dibawah ini untuk mengetahui cara memperbaiki skin barrier yang rusak.


Gunakan produk perawatan kulit ringan, kalian perlu memakai skincare dasar, dan hindari penggunaan skincare terlalu banyak. Kalian hanya perlu memakai sunscreen, cleanser, serta moisturizer untuk kembalikan skin barrier yang rusak.


Hidrasi kulit dengan baik, wajib kalian pahami wahwa munculnya jerawat, breakout serta komedo merupakan akibat dari dehidrasi kulit. Jadi sangat perlu memberikan kulit kalian hidrasi. Untuk itu pakailah produk perawatan kulit yang melembabkan seperti serum, toner, serta moisturizer.


Skip exfoliasi, melakukan exfoliasi tidaklah masalah, akan tetapi lakukanlah ketika kulit kalian normal. Sebaiknya jangan lakukan exfoliasi ketika kulit kalian sedang mengalami kerusakan skin barrier supaya menghindari kerusakan semakin parah pada kulit.


Gunakan skincare yang mempunyai efek menenangkan kulit atau efek calming, produk skincare yang memiliki kandungan calendula, centella aciatica, hyaluronic acid, snail mucin, serta tea tree oil bisa membuat kulit kalian lebih tenang dan nyaman.


Jangan sesekali menggunakan produk skincare yang sifatnya astrigen, sebab kulit kalian akan semakin kering.


Pakailah produk yang memiliki antioksidan tinggi serta konsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Hal itu berujuan untuk mengatasi radikal bebas yang dapat membuat kerusakan pada kulit.


Demikian itulah yang dapat kami bagikan tentang ciri-ciri skin barrier rusak, penyebab serta cara memperbaikinya. Silahkan simak baik-baik ulasan kami diatas supaya kalian bisa memahaminya dan terhindar dari kerusakan skin barrier. Semoga yang kami bagikan dapat bermnfaat untuk kita semua, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama