4 Cara Menghilangkan Putih Putih Pada Wajah

Daftar Isi [Tampil]

Sebagian orang mengeluhkan tentang bercak putih yang muncul diwajah mereka, munculnya bercak putih tersebut menimbulkan tidak percaya diri. Nah sebelum kami membagikan cara mengatasi bercak putih diwajah, sebaiknya simak terlebih dahulu apa penyebab munculnya bercak putih tersebut diwajah kalian.


Semua orang pastinya menginginkan kulit wajah sehat, mulus, dan glowing. Akan tetapi hal tersebut tentu tak mudah diwujudkan bagi sebagian orang, terutama orang yang memiliki masalah atau keluhan diwajahnya, salah satunya seperti munculnya bercak putih pada wajah.


Bercak putih yang muncul diwajah memang tidak berbahaya, namun hal tersebut sangat mempengaruhi rasa percaya diri orang yang mengalaminya. Untuk itu ketahuilah penyebabnya dan atasi bercak putih diwajah kalian. Agar selalu tampil percaya diri dengan wajah mulus dan glowing, atasi bercak putih yang muncul diwajah kalian secepatnya supaya tidak stress memikirkannya. Kalian tak usah cemas, karena dalam artikel kali ini kami akan membagikan tips tentang bagaimana cara mengatasi bercak putih yang muncul diwajah, maka dari itu simaklah artikel ini hingga akhir supaya kalian tidak gagal paham.


Cara Menghilangkan Putih Putih Pada Wajah
4 Cara Menghilangkan Putih Putih Pada Wajah

Cara Menghilangkan Putih Putih Pada Wajah 

Terdapat beberapa cara mengatasi bercak-bercak putih diwajah, atasi bercak putih sesuai dengan penyebabnya supaya tidak salah dan mudah dihilangkan. Silahkan simak beberapa solusi menghilangkan bercak putih pada wajah, selengkapnya dibawah ini.

  • Gunakan Krim Antijamur

Bagi yang mengalami bercak putih yang diakibatkan oleh panu, karena panu disebabkan oleh infeksi jamur maka pakailah krim antijamur untuk mengatasinya. Kalian bisa oleskan krim antijamur pada area bercak putih yang muncul diwajah secara runtin 2 kali dalam sehari selama bercaknya belum hilang, atau bisa meminta petunjuk dari dokter agar tidak salah.


  • Sebaiknya coba gunakan Krim dengan kandungan Kortikosteroid

Sedangkan bercak yang muncul akibat eksim atau dermatitis atopik, gunakanlah krim yang memiliki kandungan kortikosteroid untuk mengatasinya.


Sebaiknya sebelum menggunakan krim tersebut, mintalah petunjuk dari dokter, pasalnya krim yang mengandung kortikosteroid dapat menimbulkan efek yaitu hipertrikosis (tumbuh bulu halus pada kulit), atrofi kulit (penipisan kulit), striae, bahkan pelebaran pembuluh darah dikulit.


  • Coba terapi kulit dengan Fototerapi

Untuk mengatasi bercak putih yang terjadi akibat vitiligo yakni dengan fototerapi. Fototerapi ini menggunakan sinar UV-A dan narrowband UV-B (NBUVB). Fototerapi biasanya dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu, hal tersebut bergantung pada seberapa parah kondisi yang dialami penderita.


  • Konsultasi dan Coba Laser

Terakhir yaitu untuk mengatasi bercak putih yang terjadi akibat sunspot yaitu dengan terapi laser. Terapi laser bisa disesuaikan dengan kondisi yang dialami pasien serta jenis laser yang digunakan.


Terapi laser biasanya dibarengi juga dengan penggunaan obat lain seperti krim guna untuk menunjang kesembuhan pasien.


Terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan munculnya bercak putih pada wajah. Untuk mengatasi bercak yang muncul juga sangat harus disesuaikan dengan faktor penyebab munculnya bercak tersebut supaya pengobatan yang dilakukan tidak salah dan efektif.


Apabila kalian mengalami bercak putih pada wajah, sebaiknya periksakan terlebih dahulu kepada dokter spesialis kulit guna mengetahui penyebabnya dan juga agar terapi atau pengobatan yang dilakukan sesuai dengan faktor penyebabnya.


Penyebab Putih-Putih Pada Wajah

Terdapat beberapa faktor penyebab munculnya bercak putih diwajah, simak dibawah ini.


Bisa disebabkan karena Panu

Panu adalah salah satu gangguan yang terjadi pada kulit, umumnya masalah kulit ini kebanyakan terjadi pada orang yang tinggal dinegara tropis seperti Indonesia. Dalam dunia medis, panu dikenal dengan nama Pityriasis versicolor. Panu termasuk salah satu yang menyebabkan munculnya bercak putih diwajah, panu umumnya meiliki gejala seperti gatal yang akan membuat risih.


Biasanya panu kebanyakan dialami oleh mayoritas orang yang tinggal ditempat yang lembab, orang yang sering keluar keringat, orang yang kulitnya berminyak, serta orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.


Bisa jadi karena Vitiligo

Vitiligo terjadi karena sel kulit tidak lagi memproduksi zat melanin atau zat yang mewarnai kulit, alhasil akan muncul bercak-bercak putih dikulit, bukan hanya diwajah namun bercak putih juga akan muncul di rambut, kemaluan, lengan, dan tungkai.


Vitiligo adalah salah satu masalah kulit yang kompleks, bahkan sampai sekarang penyebab terjadinya Vitiligo ini belum diketahui dengan pasti, namun para peneliti berspekulasi bahwa Vitiligo disebabkan karena kondisi lingkungan, faktor genetik, dan penyakit autoimun.


Salah satu pemicunya adalah Sun Spot

Faktor penyebab munculnya bercak putih diwajah selanjutnya yaitu Sun Spot. Dalam dunia medis Sun Spot dikenal dengan nama hipomelanosis gutata idiopatik. Sun Spot sendiri merupakan gangguan pada kulit yang disebabkan karena kulit kerap terkena sinar UV atau sinar matahari yang mengakibatkan munculnya bercak-bercak putih diarean lengan, tungkai, dan wajah.


Kemunculan Sun Spot memang tidak berbahaya dan tidak memiliki gejala nyeri ataupun gatal, namun Sun Spot dapat mempengaruhi penampilan kalian sehingga tingkat percaya diri menurun.


Bisa juga karena Dermatitis Atopik

Dermatitis Atopik merupakan gangguan pada kulit yang muncul karena gejala alergi. Dermatitis Atopik biasanya disebut dengan eksim. Dermatitis Atopik memiliki gejala yakni munculnya bercak putih serta kemerahan pada lengan, tungkai, dan wajah. Munculnya bercak-bercak putih atau kemerahan tersebut disertai dengan rasa gatal, khususnya waktu malam. Umumnya gangguan seperti Dermatitis Atopik ini kebanyakan diderita orang yang memiliki kulit terlalu kering.


Pityriasis Alba  penyebab putih-putih pada wajah

Pityriasis Alba merupakan salah satu faktor penyebab munculnya bercak putih pada wajah, biasanya gangguan kulit ini dialami pada orang dewasa dan anak-anak dengan seperti alergi.


Bercak yang muncul akibat Pityriasis Alba ini berwarna merah mudah atau putih dengan bentuk oval atau bulat. Biasanya bercak-bercak yang diakibatkan Pityriasis Alba ini muncul di area pipi dan dagu. Namun meskipun timbul bercak merah atau putih pada wajah namun tidak menibulkan gejala seperti gatal ataupun nyeri, gangguan Pityriasis Alba ini bisa termasuk cukup ringan. Tanpa membutuhkan pengobatan, bercak yang timbul akibat Pityriasis Alba ini akan menghilang sendiri dalam jangka waktu beberapa minggu atapun satu bulan, jadi kalian tidak usah khawatir apabila mengalami gangguan seperti ini.


Akhir Kata

Demikian itulah ulasan yang bisa kami bagikan tentang faktor penyebab dan cara mengatasi bercak putih yang muncul diwajah. Semoga yang kami sampaikan bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama