Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta di Tahun 2022

Daftar Isi [Tampil]

Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta -- Kali ini kami akan membahas tentang Cara Bermain saham dengan modal awal sebesar 1 juta. Tidak sedikit perusahaan yang menyediakan saham dengan  yang menawarkan modal awal sebesar 1 juta. Terdapat juga beberapa perusahaan sekuritas yang menawarkan setoran awal sebesar 100 ribu saja, tentu hal ini cukup menarik dikalangan masyarakat yang tertarik melakukan investasi dengan modal kecil, sangat menarik bukan?


Berikut ini kami akan membagikan tips bagi kalian yang tertarik memulai investasi saham dengan modal awal 1 juta rupiah. Tips-tips yang akan kami bagikan dibawah ini merupakan suatu pengalaman sendiri setelah beberapa tahun bergelut didunia pasar modal, tips ini bisa saja cocok bahkan sebaliknya. Sebelumnya kami pernah membahas tentang Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu dan Cara Bermain Saham Dengan Modal 50 Ribu.


Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta
Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta di Tahun 2022


Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta

Untuk memulai investasi saham dengan modal awal 1 juta rupiah, hal yang perlu diperhatikan yaitu jangan terlalu banyak diversifikasi portofolio. Mungkin kalian mengetahui nasehat Warrent Buffet yang katakan bahwa janganlah menaruh seluruh uang kalian dalam satu keranjang. Nasehat tersebut berarti portofolio harus lebih dari satu.


Akan tetapi dalam hal ini yakni dalam melakukan investasi saham dengan modal 1 juta sebaiknya jangan terlalu banyak portofolio. Dalam hal ini kami bagikan tips yaitu satunya 500 ribu dan satunya lagi sisanya. Atau bisa juga satunya 700 ribu dan satunya lagi sisanya yaitu 300 ribu.


Kami menyarankan hal tersebut bukan tanpa sebab, kalian juga perlu memperhatikan biaya transaksinya. Bisa jadi kalau kalian bagi dalam 10 portofolio maka saat adanya transaksi jual beli nanti nilainya akan berkurang sebab adanya potongan biaya transaksi yang wajib ditanggung.


Alasan selanjutnya yaitu, investasi saham memiliki prinsip lebih banyak modal lebih baik. Jadi apabila modalnya kecil atau masih angka ratusan ribu maka keuntungan senilai 5% tidak akan terasa banyak. Namun jika dibandingkan dengan modal awal 50 juta maka keuntungan 5% saja sudah bertambah 2,5 juta, jadi untungnya lebih terasa.


Dengan demikian, jika memulai investasi saham dengan modal hanya 1 juta, sebaiknya jangan pecahkan uangnya seratus ribuan, karena meskipun jika keuntungan mencapai 20% itupun hanya senilai 20 ribu saja. Namun jika terdapat hanya 2 portofolio yang nilainya masing-masing 500 ribu maka jika keuntungan 20% akan untung senilai 100 ribu.


Cara Trading Saham Modal 1 Juta

Menurut kalian lebih worth it mana antara trading saham dengan modal 1 juta atau melakukan investasi saham? Disini kami sarankan 3 hal, yang pertama jika kalian sudah pro, psikologi aman, sebaiknya hindari trading. Lakukanlah investasi pada saham lapis dua.


Kami menyarankan hal tersebut bukan tanpa sebab, yaitu karena peluang keuntungannya akan juah lebih besar, tapi juga jangan lupa kalau resikonya juga sangat besar. Ditambah lagi jangan ketinggalan untuk mnganalisa fundamental perusahaan sekuritas yang akan kalian investasikan. Apabila kalian cekatan tentunya peluang untung akan lebih besar. Misalnya PBRX dan KEEN.


Kedua yaitu sabar mencari harga rendah. Apabila kalian yakin terhadap suatu saham sebaiknya sabar dahulu untuk menunggu harga rendah. Jangan sampai tergesa-gesa membeli saham, kalian bisa bersabar hingga saham tersebut jatuh ke harga rendah baru kalian mengambilnya. Tidak sedikit investor pemula yang mengambil dengan harga tinggi.


Yang terakhir, buatlah target take profit. Kalian wajib memiliki angka konsisten dalam mengambil profit. Misalnya sebesar 30%, artinya setiap kenaikan 30% kalian akan menjualnya, bisa diterapkan seterusnya. Bisa juga kalian mengambil 30%, dan modal pokoknya disimpan.


Cara Nabung Saham Modal 1 Juta, Pasti Untung

Akan jauh lebih baik apabila bisa menerapkan tabungan saham supaya portofolio kalian bisa berlipat ganda. Misalnya jika memiliki 100 ribu langsung masukkan ke rekening sekuritas, demikian seterusnya sampai terkumpul banyak.


Tidak perlu merasa malu untuk average down apabila memang bagus saham yang kalian pegang. Turun 10%, terdapat uang di average down, begitupula seterusnya. Sebenarnya kenaikan harga saham hanya menunggu waktu saja.


Bermain saham dengan modal 1 juta sebetulnya akan jauh lebih baik dengan tambahan menabung saham. Jadi dengan demikian nominal kalian disekuritas akan terus bertambah. Jika lebih banyak nominalnya, artinya akan semakin gampang bermain saham dengan keuntungan lebih besar pula.


Perhatikan Hal Berikut Saat Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta

Berikutnya yaitu keempat, sebaiknya jangan ikuti pom pomers saham atau jangan mengikuti grup trading saham. Kami membagikan tips tersebut karena alasan saat ikuti arusnya hanya akan menjadi korban orang yang menawarkan ke kalian dan memiliki target take profit sebesar 3%, dan modalnya hingga ratusan juta.


Jika dibandingkan dengan kalian sangat jauh berbeda yang hanya bermodalkan ratusan ribu dan akan tunggu profit sampai 20%, disamping itu orang yang merekomendasikan ke kalian telah beralih ke saham lain.


Kelima, sebaiknya keuntungan yang diperoleh jangan buru-buru dicairkan. Walaupun nantinya kalian meraup untung banyak dari investasi saham dengan modal 1 juta namun lebih keuntungannya jangan terlalu cepat dicairkan sebab jika modal investasi semakin besar maka akan jauh lebih baik karena potensi keuntungan akan bertambah besar.


Disini kami sarankan paling tidak mencapai 50 juta berada di portofolio kalian supaya komposisi portofolio jadi lebih bagus. Jika nantinya sudah mendapatkan keuntungan, lebih baik manfaatkan lagi untuk membeli saham, jika naik maka jual lalu beli lagi saham. Teruslah demikian siklusnya sampai akumulasi bermain saham dengan modal 1 juta bisa berlipat ganda.


Resiko Investasi Saham Modal 1 Juta

Sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu resiko investasi saham sebelum memulai bermain saham dengan modal kecil. Investasi saham adalah investasi yang memiliki resiko sangat besar (very high risk) jika dibandingkan dengan jenis investasi lain. Karena memiliki resiko tinggi, maka resiko terbesar yang mungkin bisa terjadi yaitu kalian bisa saja alami kerugian uang sebesar 1 juta tersebut.


Namun hal sebaliknya juga bisa saja terjadi. Selain bersifat very high risk, investasi saham juga bersifat very high return. Dengan begitu bisa saja modal awal yang sebesar 1 juta akan meraup untung berkali lipat, juga tidak menutup kemungkinan modal awal 1 juta tersebut lenyap dalam waktu singkat.


Kesimpulan

Demikian itulah informasi yang dapat kami bagikan tentang Cara Bermain Saham Dengan Modal 1 Juta. Kalian juga perlu teliti supaya saham menjadi hijau dan enak dipandang. Semoga dapat bermanfaat bagi semua khususnya untuk para investor pemula. Terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama