Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu di Tahun 2022

Daftar Isi [Tampil]

Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu -- Pada pembahasan tentang investasi saham kali ini kami akan mencoba memberikan langkah-langkah bagaimana Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu. Selain itu dengan investasi 100 ribu kamu bisa hasilkan jutaan rupiah. Banyak sekali orang yang memulai investasi 100 ribu per bulan di bibit dan dimana investasi 100 ribu bisa profit harian secara kosisten asal tau bagaimana metode Investasi dengan modal sedikit alias Rp.100.000.


Jual beli saham atau investasi saham online cukup populer dikalangan masyarakat terutama dikalangan kaum milenial. Berdasarkan informasi yang beredar luas dikalangan masyarakat, investasi saham online ini cukup menguntungkan. Bahkan untuk investasi saham ini bisa dimulai dengan modal awal yang kecil yaitu 100 Ribu saja. 


Namun untuk bermain saham online tentu membutuhkan strategi yang baik agar tidak mengalami kerugian terutama dengan modal sedikit. Supaya terhindar dari kerugian saat bermain saham online, silahkan simak dan pahami beberapa petunjuk yang akan kami bagikan dibawah ini.


Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu
Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu


Berikut Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu

  • Mulailah Dengan Reksadana Saham

Reksadana merupakan sebuah cara melakukan investasi dengan modal awal yang kecil. Dengan reksadana, Kamu sebagai investor bisa membeli saham hanya dengan modal 100 Ribu saja. Untuk melakukan transaksi di reksadana cukup gampang. Kamu hanya perlu memberikan modal awal investasi ke manajer investasi, kemudian manajer investasi akan kelola dana investasi tersebut dengan baik dan benar.


Reksadana menjadi pilihan yang sangat cocok bagi Kamu yang hendak investasi dengan modal yang sangat kecil, di reksadana sendiri bisa berinvestasi dengan dana awal senilai 10 Ribu saja. Maka dari itu reksadana ini sangat cocok untuk para investor pemula dan bagi siapa saja yang masih belajar ilmu tentang investasi saham.


  • Pilih Saham Dengan Biaya Awal Yang Rendah dan Aman

Untuk melakukan transaksi jual beli saham Kamu tidak bisa melakukan transaksi secara langsung ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Kamu harus mempunyai Rekening Dana Investasi (RDI) untuk bisa melakukan transaksi jual beli saham. RDI ini digunakan sebagai tempat setoran awal yang sudah ditetapkan setiap perusahaan sekuritas.


Dana deposit yang sudah tersimpan di RDI sudah bisa digunakan untuk bertransaksi jual beli saham. Setoran awal ke RDI dapat bermacam-macam jumlahnya sesuai dengan tawaran setiap perusahaan sekuritas. Terdapat perusahaan sekuritas yang menawarkan modal mulai dibawah 500 Ribu serta ada juga yang sampai angka ratusan juta rupiah.


Untuk yang masih pemula sebaiknya memilih perusahaan sekuritas yang tawarkan modal awal investasi sebesar 100 Ribu dahulu. Terdapat beberapa daftar perusahaan sekuritas yang kami rekomendasikan untuk Kamu coba yaitu Bibit, Ajaib, Bareksa, serta masih banyak perusahaan sekuritas lainnya. Supaya lebih aman, sebaiknya pilihlah perusahaan sekuritas yang dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


  • Pilih Saham Yang Harga Terendah Namun Dipastikan Naik

Terdapat berbagai macam modal awal yang ditawarkan emiten/investee di Bursa Efek Indonesia, tentu hal tersebut bisa membuat pemula melakukan investasi saham di perusahaan raksasa yang mana beberapa daftar perusahaan raksasa mencari incaran utama para investor. Perlu Kamu tahu bahwa dalam setiap transaksi pembelian saham memiliki jumlah minimum pembelian saham yaitu 1 slot atau setara 100 lembar saham.


Maka dari itu untuk pemula yang memiliki modal awal 100 Ribu sebaiknya pilihlah saham yang harganya lebih murah, selain murah pilihlah yang berpeluang memiliki keuntungan cukup besar. Sebagai bahan referensi, misalnya yaitu harga sahamnya murah akan tetapi perusahaan tersebut reputasinya cukup bagus. Sebagai contoh, jika modal awal Kamu adalah 100 Ribu itu artinya dengan moda tersebut Kamu bisa membeli 1 lot saham yang harga tiap lembar saham sebesar Rp1000, maka Kamu sudah memiliki 100 lembar saham.


Dengan begitu Kamu sebagai investor sudah bisa mempunyai saham yang harganya cukup terjangkau. Untuk memilih saham bisa dipantau melalui indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia contohnya IDX30 serta LQ45. Dalam indeks harga saham Kamu bisa lihat urutan saham dengan harga rendah. Bahkan terdapat beberapa saham ditawarkan dengan harga dibawah Rp1000 setiap lembar saham.


  • Beli Saham Yang Harganya diantara Rp70

Bermain saham dengan modal 100 Ribu tips selanjutnya yaitu carilah saham dengan harga yang sangat terjangkau yaitu minimal Rp70 sebab saham yang dihargai mendekati angka Rp50 mempunyai resiko yang cukup besar. Buktinya tidak sedikit saham yang sangat murah hanya jadi saham tidur saja jadi para investor tidak memperoleh untung dengan saham tersebut.


Sekarang ini tidak sedikit saham yang dihargai mulai dari Rp80 sampai Rp1000 tiap lembarnya. Jadi Kamu nantinya jika hendak melakukan investasi saham maka pilihlah saham yang memiliki kwalitas tinggi karena terdapat banyak sekali pilihan saham.


  • Beli Saham Harga Transaksinya Sedikit

Selain memperhatikan harga saham ketika akan berinvestasi, hal penting yang perlu diperhatikan juga yaitu melihat tarif biaya yang diperlukan setiap transaksi jual beli saham. Jadi nantinya saat melakukan investasi, dananya telah terpotong bersih oleh biaya transaksi. Ada beragam potongan biaya transaksi, dari 0,15% sampai dengan 0,35%. Biaya potongan tersebut berbeda-beda setiap perusahaan sekuritas.


Kamu nantinya bisa hitung sendiri berapa nilai untung dari saham yang Kamu beli dengan cara memperhatikan potongan biaya transaksi. Perhatikan tips-tips untuk berinvestasi dengan modal 100 Ribu yang kami bagikan ini. Bagian ini cukup penting supaya nanti uang yang Kamu investasikan dalam bentuk saham tidak kusut karena terlalu banyak potongan.


  • Cari Timing Yang Saat Beli Pas Harganya Turun

Melakukan investasi saham dengan modal awal 100 Ribu juga Kamu manfaatkan untuk mendapatkan saham unggulan, caranya yaitu dengan memperhatikan harga saham unggulan kemudian manfaatkan ketika harga sahamnya menurun. Kita ketahui bersama bahwa kondisi ekonomi dunia memiliki pengaruh besar terhadap bursa efek. Jadi dengan mengetahui berita mengenai kondisi perekenomian dunia, Kamu bisa mengetahui kapan harga saham unggulan akan alami penurunan.


Biasanya saham unggulan disebut demikian karena telah melewati beragam kondisi finansial ekonomi, maka dari itu disebut saham unggulan jadi pas sekali bagi para investor pemula untuk melakukan investasi saham dan juga cocok untuk investasi dalam jangka waktu yang lama. Harus diketahui bagi para investor pemula supaya tidak merasa cemas jika harga saham menurun sebab, siklus naik turunnya harga saham unggulan merupakan suatu hal yang lumrah. Nantinya harga saham akan kembali naik bahkan berkali lipat, maka dari itu sebaiknya pertahankan.


  • Hindari Saham Waran

Waran merupakan anak produk dari saham yang harganya berkali lipat lebih terjangkau dari saham induknya. Misalnya apabila harga saham paling murah yaitu Rp50, itu artinya harga dari waran saham tersebut berkisar antara Rp10-Rp20 saja. Sebagai informasi disini kami lebih rekomendasikan untuk tidak tergoda untuk membeli waran hanya karena tawaran harga yang sangat terjangkau sebab meskipun Kamu bisa mempunyai waran yang jumlahnya cukup banyak dengan hanya bermodal 100 Ribu, sebagai informasi bahwa waran memiliki resiko jauh lebih besar. Bukan tanpa sebab, waran sendiri jauh lebih fluktuaktif daripada saham. Disamping itu peminat waran sangat sedikit jadi peluang pertumbuhannya sangat sedikit.


Selain itu waran tidak memiliki pantauan pergerakan grafik ataupun analisis teknikal. Itu artinya jika Kamu sebagai investor waran maka tidak akan tahu acuan analisis pergerakan waran. Oleh karena itu walaupun memulai investasi dengan modal awal 100 Ribu sebaiknya jangan membali waran, pilihlah saham unggulan yang memiliki potensi kenaikan lebih besar.


  • Cukup Membeli 2 Saham Saja

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, tidak sedikit investor yang memulai investasi dengan modal 100 Ribu akan tetapi diportofolionya tertulis memiliki saham sebanyak 9-12. Sebetulnya hal tersebut akan membuat kesulitan trader terutama dalam hal memantau saham. Diversifikasi terlalu banyak sangat tidak efektif. Disamping itu hal tersebut juga memperlihatkan jika trader tidak koperatif dalam memilih saham terbaik yang hendak dibeli.


Sebaiknya belilah saham dengan harga terjangkau yang sewajarnya saja contohnya sebanyak 2 saham. Dengan demikian maka nantinya Kamu sebagai trader akan berpeluang memperoleh beberapa saham dengan lot cukup banyak, akan tetapi selalu mempunyai profit stabil dan maksimal. Hal tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan membeli banyak saham akan tetapi lot nya sedikit setiap sahamnya.


  • Usahakan kalau Mau Untung Silahkan Trading Jangka Pendek

Biasanya saham yang harganya lebih terjangkau mempaunyai market cap yang kecil. Terutama sekarang ini, tidak sedikit saham yang dibandrol dengan harga sangat murah akan tetapi nilai fundamentalnya tidak terlalu baik. Akan tetapi dalam hal ini karena memakai modal awal sebesar 100 Ribu, jadi kami sarankan untuk melakukan trading dalam jangka waktu pendek. Sebaiknya jangan prioritaskan trading jangka panjang dahulu.


Kamu memang bisa melakukan tradinng jangka panjang namun trading jangka panjang sebaiknya dilakukan apabila saham yang hendak dibeli mempunyai fundamental yang cukup bagus sehingga akan cukup menjanjikan keungungan kedepannya. Perlu diketahui bahwa saham yang mempunyai fundamental baik pastinya juga harga sahamnya tidak terjangkau. Karena dalam hal ini memakai modal awal senilai 100 Ribu saja, jadi return dari trading saham sepertinya tidak begitu efektif.


Itulah beberapa cara melakukan jual beli saham dengan dana awal sebanyak 100 Ribu saja. Para trader bisa memperoleh untung bermain saham ketika emiten alami kenaikan. Kemudian nanti apabila saham Kamu berkembang dengan baik, tidak ada salahnya untuk membeli saham yang lebih tinggi nilainya semisal harga saham yang berkisar 1 sampai 3 juta. Kisaran harga tersebut adalah harga yang sangat ideal dalam dunia saham karena tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar.


  • Kesimpulan

Demikian itulah yang bisa kami bagikan tentang Cara Bermain Saham Dengan Modal 100 Ribu. Semoga setelah membaca artikel ini bisa menambah wawasan Kamu dalam bidang investasi saham. Semoga yang kami bagikan dapat bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung.

Lebih baru Lebih lama